Wajah Pramuka Indonesia - Bagian Lain Nusantara - SMPN 3 Gaung Anak Serka, Inhil - Riau

halopramuka.com - Aku disini kau ada disana, membentang luas samudra biru memisahkan kita, Inginku berenang ke kotamu, Tapi pasti tenggelam dan kau sedih - Jamrud

Saya awali cerita ini dari cuplikan lagu milik band terkenal di era 90 an, Jamrud. Jika kakak adalah generasi old, pasti tidak asing dengan nama sang legendaris itu.


Bait pertama lagu dengan judul Kabari Aku seolah menggambarkan ketimpangan konsidi Pramuka yang ada di perkotaan vs daerah- daerah yang fasilitas/sarana pendidikan masih minim

Di Pulau Jawa misalnya, saat kita ingin membeli perlengkapan Pramuka, tinggal tancap gas motor/mobil, otw ke toko atau pasar. Sudah..! kita bisa mendapatkan saat itu juga.

Mau menghadiri undangan atau event kegiatan yang diadakan oleh kwaran, kwarcab, kwarda atau gugus depan lain, kita bisa dengan mudah menghadirinya.

Kemudahan-kemudahan itu karena trasportasi darat yang sudah cukup terintregasi dengan baik, dan juga akses jalan yang dibangun sedemikian hingga untuk memudahkan para pengendara.

Sampai akhirnya,,,

Kemarin saya melihat akun Fb dengan nama Fitri Suryani mengunggah sebuah video di akun Group Gerakan Pramuka - Indonesia

Dan dari situ, saya berfikir, bahwa tidak semua teman teman Pramuka mendapatkan kemudahan sarana dan prasarana kegiatan.

Seperti ini video yang di unggah di Group resmi Pramuka Indonesia
Sudah di lihat kak?, bagaimana...

Kalau saya cukup tertarik dengan video itu. Bukan tertarik dengan teknik videography-nya ya,hehe. Karena itu jelas video amatir :D

Tapi ketertarikan saya adalah tentang kondisi yang di alami oleh teman teman Pramuka yang ada dalam video itu

Sekilas saya meilhat, saya tahu bahwa itu adalah momen perjalanan yang penuh perjuangan.

Sebuah perjuangan untuk menuju ke suatu tempat yang harus dilalui dengan cara yang tidak bisa dikatakan mudah.
Bus, car, you have no power here !

Dan karena Admin Halo Pramuka ingin tahu lebih banyak mengenai video itu, maka saya hubungi  kak Fitri (pengunggah video)

Dengan sangat ramah ia menjelaskan kepada Admin. Dan jika saya tulis ulang, kuruang lebihnya seperti ini

Mereka adalah Pramuka SMPN 3 Gaung Anak Serka, Kabupaten Inhil - Riau.

Mereka tengah melakukan perjalanan untuk mengikuti perlombaan tingkat kecamatan pada tanggal 23 - 25 agustus 2019 kemarin

Perjuangan untuk sampai ke lokasi tdak mudah, karena harus melewati sungai selama 2 jam.

Dan jam 7 malam kita masih berada di tengah tengah sungai . Perjalanan hanya si soroti oleh senter di kepala (headlamp). 

Harapan kami saat itu adalah lancarnya perjalanan kami, itu saja. Karena tak jarang pula popong (nama kendaraan yang kami tumpangi) mati secara mendadak, itu akibat banyak sampah yang mnyangkut pada kincir, dan juga karena sebab lain.

Dingin dan gelap saat itu menjadi teman kami. Namun ada kebahagiaan dan kebanggan tersendiri saat itu, karena kami berhasil meraih juara umum dalam ajang tersebut.

Dan dari situ, bnyak sekali yang berkomentar. Kebanyakan mengungkapkan kekaguman akan semangat mereka

Bahkan akun facebook dengan nama Muhammad Raa Kinana, memberikan komentar seperti ini
"mantap dan keren
salah satu agenda latihan yang bisa diadakan di gudep-gudep sekitar mungkin adalah water rescue, agar tiap pramuka tau apa yang harus dilakukan ketika terjadi musibah (kapal tenggelam, penumpang terjatuh dsb) dan tanggap melakukannya. tetap jaga keselamatan kak"

Dari cerita itu, ada sebuah value. Dimana semangat dan daya juang Pramuka ikut menentukan  prestasi.

Benar jika dikatakan sarana, prasarana dan media sangat menentukan hasil keterampilan. Namun itu bukan sebuah jaminan mutlak. Karena masih ada faktor lain yang juga ikut menentukan.

Dan kita yang berada di daerah daerah dengan fasilitas memadai, harus lebih bersyukur dan tetap rendah hati. Serta juga tidak boleh kalah dari sisi semangat.

Admin yakin, bahwa di daerah daerah lain masih banyak anak Pramuka dengan konsidi yang jauh dari kata memadai.

Namun demikian, usaha untuk terus maju jangan sampai terhenti. Terlebih semangat utuk terus menjadi lebih baik dan berprestasi

Jayalah Pramuka, Jayalah Indonesia - Salam Pramuka!
Wajah Pramuka Indonesia - Bagian Lain Nusantara - SMPN 3 Gaung Anak Serka, Inhil - Riau