Friday, March 15, 2019

BUKU PERINGATAN PANCA WARSA

Kategori
Kali ini, bukan sebuah materi modern tentang kepramukaan yang akan Admin Halo Pramuka bagikan. Namun sebuah ungkapan harapan dari seseorang.

Seseorang dengan nama ‎Djoko Adi Walujo‎ menuliskan rangkaian kalimatnya di Group Gerakan Pramuka - Indonesia pada 2 tahun silam. Tepatnya pada tanggal 5 Maret 2017.

Dalam pesan yang ia sampaikan, dibubuhkan juga sebuah foto buku lama seperti di bawah ini:


Dan berikut ini isi tulisannya yang tidak admin tambah atau kurangis sedikitpun. Semoga dapat menginspirasi.

Buku Ini menyimpan sejarah kepanduan Indonesia, didapat hasil akuisisi milik kolektor buku-buku lama yang juga karib saya yang baik, saudara Ico Oemar. Buku peringatan "Panca Warsa Pandu Rakyat Indonesia 1945-1950". Isinya luar biasa foto foto di dalamnya istimewa. Laporan demi laporan bak artikel journal ilmiah, sehingga buku ini dapat dikategorikan ilmiah populer. Sejatinya buku semacam Ini perlu dilahirkan kembali agar orang memiliki wawasan penuh perjalanan kepanduan. Wawasan hebat akan membentengi pikiran picik, bahkan arogan yang tak terhindarkan. Tentunya Pusdiklatnas memahami hal ini karena sebagai kampusnya Pramuka, atau universitasnya Pramuka, untuk mengadakan simposium atau temu ilmiah terkait dengan kepanduan ini. Semoga buku ini dapat digunakan sebagai awal kajian dan memicu kajian kajian lainnya. Semoga dari temuan buku lawas membuat Pramuka semakin cerdas.

Artikel Terkait

Salam Pramuka! Halo kakak, Kami adalah sebuah media informasi masa kini yang akan membantu kakak kakak semua dalam mengenal lebih dalam tentang dunia Kepramukaan. Kakak dapat menemukan kami di: Blog YouTube Instagram Facebook Terimakasih. Salam Pramuka Halo Pramuka - Kelauarga Maya Anak Pramuka


EmoticonEmoticon