Saturday, May 26, 2018

Pendidikan Kepramukaan Pasti Pendidikan Kebangsaan

Kategori

Pendidikan Kepramukaan Pasti Pendidikan Kebangsaan

Oleh Kak Yatno (Prof.Dr.Suyatno,M.Pd-Kapusdiklatnas)

Gerakan Pramuka itu adalah gerakan pendididikan kebangsaan selain pendidikan karakter dan kecakapan hidup. Inti kebangsaan dalam Gerakan Pramuka bahkan tercantum dalam Prinsip Dasar, Trisatya, UU GP, AD/ART dengan jelas. Kebangsaan Indonesia harus menjadi menu dalam setiap proses pendidikan kepramukaan.


Di bawah bimbingan pembina, setiap berlatih, seorang pramuka akan mengawali dengan pengibaran merah putih, pembacaan Pancasila, dan berbagai nyanyian lagu nasional. Begitu pula, di akhir latihan, mereka akan menghormat ke merah putih. Itu semua merupakan prosedur tetap dan rutin bagi pramuka dalam setiap berlatih.

Untuk menanamkan cinta negara dan bangsa Indonesia, kiasan dasar dilaksanakan melalui sandi, tepuk, lagu, warna, dan seterusnya. Ada lagu pramuka yang bertema cinta Indonesia. Ada tepuk bersimbol kebangsaan. Begitu pula yang lainnya.

Sebelum kemerdekaan, para pramuka (waktu itu disebut pandu) berani meneriakkan Merdeka. Menyanyikan Indonesia Raya di tengah kaum Belanda. Merah putih dikibarkan. Bahkan, para pramuka melaksanakan Sumpah Pemuda bersama kelompok pemuda lainnya.

Semestinya dan harus, saat ini para pramuka tetap berani dan bangga meneriakkan Indonesia Jaya Selamanya. Tetap bersemangat membangun negara dan bangsa Indonesia. Para pembina pramuka harus tetap bertrisatya dan berdasadarma dalam kondisi apapun terutama saat membina.

Pendidikan kepramukaan adalah pendidikan kebangsaan Indonesia. Karena pendidikan kebangsaan, para pembina merupakan pendidik bangsa. Hidup matinya untuk kejayaan bangsa Indonesia. Selamat Membina. #pusdiklatnas #kakyatno

Sumber:
Akun Fanspage fb Pusdiklatnas, di unggah pada 9 Mei 2018
Foto dari Akun Fanspage fb Pusdiklatnas, di unggah pada 9 Mei 2018

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon