10 Kebiasaan Buruk Pembina Pramuka yang Dapat Menghambat Kesuksesan

Saya sangat tertarik dengan yang disampaikan oleh Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. melalui akun resmi Pusdiklatnas Gerakan Pramuka beberapa pekan lalu.

Beliau yang akrab di panggil Kak Yatno, adalah Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional Gerakan Pramuka (KaPusdiklatnas) aktif saat ini. Banyak sekali pemikiran dan inovasi yang beliau ciptakan demi kemajuan Gerakan Pramuka di Indonesia, khususnya para pembina dan pelatih.

Tulisan yang diunggah di Fanspage Facebook pada 26 April 2018 tersebut banyak mengisnpirasi para pembina Pramuka di Indonesia, termasuk juga mengisnpirasi Admin Halo Pamuka untuk menulis kembali artikel beliau dengan bahasa kami sendiri.

Judul diatas memang tidak persis dengan yang ditulis kak Yatno, karena sudah Halo Pramuka rubah sesuai tema blog ini. Judul aslinya adalah "Sepuluh Kebiasaan Buruk Penghambat Kesuksesan".

Dan berikut ini tulisan asli dari beliau

10 Kebiasaan Buruk Penghambat Kesuksesan


1. Menunda
Menunda padahal waktu sudah ditentukan akan memberikan hasil buruk. Jangan biasakan menunda kalau acara sudah ditentukan. Kegagalan biasanya ditentukan oleh penundaan.

2. Ragu-Ragu
Ragu-ragu akan menjadi penghalang diri. Percaya diri akan hilang. Melihat sesuatu dari sisi negatif sehingga susah berada di sisi keberanian.

3. Malas
Malas itu lebih mengarah pada konsepsi diri yang terpengaruh untuk tidak melakukan apa-apa.

4. Sombong
Sombong itu penghalang silaturahim dan perusak berkelompok.

5. Tidak Percaya
Tidak percaya itu menutup diri dari potensi orang lain. Seolah-olah dirinya bisa semuanya.

6. Culas
Pramuka gagal menerapkan manajemen diri. Jangan sampai menyengsatakan orang lain

7. Boros
Boros itu menyakitkan masa depan. Biasanya orang boros bebas menghamburkan uang meskipun barang yg dibeli tiada hebat harganya.

8. Dendam
Jangan pernah dendam dengan siapapun. Orang sukses akan membuka diri agar orang lain bahagia.

9. Bodoh
Bodoh biasanya perusak sukses diri. Lakukan diri agar seterusnyanya disukai orang lain

10. Mengeluh
Mengeluh itu awal penjauhan tujuan yang diharapkan. Jangan sekali-sekali mengeluh sebelum tahu tujuannya.
#selamatmembina #kakyatno

Dan berikut ini buah dari hasil inspirasi di atas yang admin tulis menggunakan gaya bahasa kami sendiri, dan semoga dapat menginspirasi para Pembna Pramuka

10 Kebiasaan Buruk Pembina Pramuka yang Dapat Menghambat Suksesnya Kegiatan


1. Menunda
Progam kegiatan kepramukaan dibuat oleh Pembina Gudep setiap awal ajaran baru, dan disana sudah ditetapkan tanggal pelaksanaanya.

Banyak diantara para pembina yang menunda kegiatan yang mestinya dilaksanaan saat itu, dengan dengan berbagai macam alasan. dan pada akhirnya, tidak dapat terealisasi karena terbentur dengan program selanjutnya.

Coba laksanakan program tersebut sesuai dengan program kerja yang telah dibuat sebelumnya,

2. Ragu-Ragu

3. Malas

4. Sombong

5. Tidak Percaya

6. Culas

7. Boros

8. Dendam

9. Bodoh

10. Mengeluh

Dengan kita mengetahui apa saja yang menjadi penghalang bagi suksesnya program kegiatan yang kita lakukan, kita dapat menghindarinya supaya apa yang telah di rencanakan dapat berjalan dengan maksimal.

Disamping 10 hal diaatas, sebetulnya juga masih banyak hal lain yang dapat mengganggu terlaksananya kegiatan, kira kira apa saja kak?, silahkan komentar di abwah ya..

Terimakasih, semoga apa yang Halo Pramuka sajikan kali ini da[at bermanfaat bagi kakak semua, dan jika kakak suka dengan motivasi kak Yatno ini, silahkan share artikenya ya kak,, Salam Pramuka!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon