Monday, April 16, 2018

Penggolongan Anggota Pramuka Berdasarkan Usia Sesuai SK Kwarnas

Kategori
Dibaca dulu ini..! Pramuka Siaga usia 7-10 tahun, Penggalang 11-15 tahun, Pramuka Penagak usia 16-20 tahun dan Pandega usia 21-25 tahun. Catat dan hafalkan itu karena sangat penting.

Dan sekarang Halo Pramuka memiliki sebuah kasus yang bisa menjadi peselisihan pendapat. Admin juga yakin hal ini banyak di bicarakan di berbagai forum, terutama forum-forum online. Contoh kasusnya seperti ini:

Usia kakak masih 18 tahun, tapi saat ini kakak tengah duduk di bangku perguruan tinggi, atau istilahnya kuliah. Dan kakak tergabung dalam organisasi Pramuka di kampus tersebut. Yang menjadi pertanyaan adalah, apa status kakak?, sebagai anggota Pramuka Pandega, atau Penegak?, sedangkan usianya masih di bawah 20 tahun?

Hal tersebut banyak di bicarakan dalam forum forum kepramukaan, dan menjadi perdebatan yang cukup sengit, sampai sampai saling lempar kursi meja, sesekali juga saling lempar bantal guling,,,hahaha bercanda

Ada pihak yang berpendapat bahwa ia adalah anggota Pramuka penegak, karena usianya masih dalam kategori usia penegak. Disisi lain mengatakan bahwa ia adalah anggota Pramuka Pandega. masing masing memiliki argumen yang cukup rasional dan logis.


Apakah permasalahan di atas pantas untuk jadi bahan perdebatan?
Saya jawab pantas saja! karena memang topik tersebut sifanya mengandung perdebatan.

Justru dengan adanya perdebatan, pengetahuan dan wawasan kita akan semakin bertambah, keterampilan dalam mengungkapkan pendapat juga terasah, bukan begitu kakak??

Namun, yang tidak pantas adalah jika perdebatan tersebut malah menjadikan perpecahan di kalangan anggota Pramuka, terlebih jika memicu perselisihan dan permusuhan. Hal itu malah sangat disayangkan. Disamping bukan merupakan karakter anak Pramuka, itu juga bertentangan dengan visi misi Gerakan Pramuka.

Lalu bagaimana pendapat Admin Halo Pramuka mensikapi permasalahan tersebut?
Saya berpendapat:
Seseorang yang usianya di bawah 20 tahun, namun dia sudah berada di bangku kuliah, dia digolongkan sebagai Pramuka Pandega. dan saya yakin semua Racana di Indonesia setuju dengan pendapat saya (sok yakin)

Karena apa, yang telah lulus dari SMA/MA?SMK dan masuk di perti, ia akan meninggalkan identitasnya sebagai Pramuka Penegak, dan menyatakan dirinya adalah seorang Pramuka Pandega.

Bayangkan jika mereka tidak diijinkan untuk bergabung di racana hanya karena alasan usia yang tidak mencukupi, apa yang kira-kira akan terjadi?
Jika kakak menjawab "Patah semangat dan sakit hati", berarti pemikiran kakak sama seperti 90% orang normal lainnya.

Permasalahan seperti ini bisa jadi terjadi di SMP?MTs, bahkan SD/MI. Karena tidak menutup kemungkinan, usia anak-anak SMP/SD saat ini lebih rata-rata lebih muda dari rata-rata usia saat saya SMP dulu.

Ingat bahwa tujuan Gugusdepan itu adalah sebagai rumah untuk belajar, dan fungsinya adalah adalah perubahan dari baik menjadi lebih baik, dari terampil menjadi lebih terampil, dari satu keadaan kepada keadan lain yang lebih baik. hal tersebut sudah pernah disinggung oleh Kapusdiklatnas. Jika belum pernah membacanya, saya sarankan membaca sekarang juga: Gugusdepan Adalah Rumah Belajar

Memang, Kwarnas telah menetapkan Golongan Pramuka sesuai dengan usianya. Keputusan Nasional tersebut dapat kakak download bi bawah ini
Download SK Kwarnas Pdf
Bila kakak ingin Download SK ini dalam format Pdf,
silahkan buka link downloadnya disini: SK Penggolongan Peserta Didik Pdf

KEPUTUSAN
KWARTIR NASIONAL GERAKAN PRAMUKA
NOMOR : 64 TAHUN 1997
TENTANG
PENGGOLONGAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN USIA

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,
Menimbang:
  1. Bahwa dalam rangka melaksanakan Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1993 sebagaimana tercantum dalam Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1993 Nomor : 05/MUNAS/93, pada tanggal 12 sampai dengan 13 November 1996 Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menyelenggarakan Lokakarya Penggolongan Peserta didik Dalam Gerakan Pramuka;
  2. Bahwa sebagai pelaksanaan lokakarya tersebut telah disampaikan laporan pelaksanaan dan rekomendasi lokakarya, dan berkenaan dengan itu perlu mengukuhkan hasil lokakarya tersebut;
Mengingat
  1. Anggaran Dasar Gerakan Pramuka;
  2. Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 1993 Nomor : 05/MUNAS/93;
  3. Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka;
Memperhatikan
  1. Rekomendasi Lokakarya Penggolongan Peserta didik Dalam Gerakan Pramuka;
  2. Saran Pimpinan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka;
M E M U T U S K A N :
Menetapkan :
Pertama
  • Penggolongan usia peserta didik dalam Gerakan Pramuka tetap seperti yang berlaku sekarang ini, sebagaimana tercantum dalam ayat (2) Pasal 36 Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka, yaitu :
  1. Pramuka Siaga berusia 7 tahun sampai dengan 10 tahun;
  2. Pramuka Penggalang berusia 11 tahun sampaidengan 15 tahun;
  3. Pramuka Penegak berusia 16 tahun sampai dengan 20 tahun;
  4. Pramuka Pandega berusia 21 tahun sampai dengan 25 tahun.
Kedua:
  • Keputusan ini mulai berlaku sejak ditetapkan.

Ditetapkan di : Jakarta
Pada tanggal : 21 April 1997

Kwartir Nasional Gerakan Pramuka,
Ketua,
TTD
H. Himawan Soetanto.

Demikian artikel Halo Pramuka tentang Penggolongan Anggota Pramuka Berdasarkan Usia  Sesuai dengan Surat keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. Semoga dapat menambah pengetahuan

Artikel Terkait

2 comments

Salam Pramuka.
Hmm,,, senang membaca ulasan ini. Serasa jadi anak pramuka lagi. Saya sudah lewat 25 tahun, apa dong namanya? :)

Salam!
Namanya Pramuka Dewasa kak...
Dan ngomong2, pramuka itu nggak mengenal batas usia lho, jdi sampai kapanpun masih bisa bergabung di organisasi pramuka.

Dan satu lagi, dengan ikut pramuka, kita akan selalu muda, karena tidak ada panggilan mbah, yang ada hanya kakak,,hehe


EmoticonEmoticon