Pembina Pramuka itu Ahli Bangunan

Mereka mempunyai kemampuan untuk mencampur semen,pasir,air dan mengaduknya menjadi satu. Menyusun batu batu satu persatu hingga menjadi sebuah tembok. Apa seperti itu pembina Pramuka?

Bukan kak, kata bangunan disini adalah bangsa Indoneisia, itulah yang coba di ungkapkan oleh salah satu Pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan tingkat Cabang Kwartir Ranting Kediri ini.

Melalui tulisan beliau yang di unggah di fans page resmi Pusdiklatnas, pada 25 April 2018, beliau mengungkapkan dengan sangat indah sekali peran seorang Pembina Pramuka. Dan Admin yakin kalau beliau adalah seorang sosok pelatih yang hebat.

pict source: ig aristanto 212

Seorang pembina juga harus memiliki kualitas yang unggul, karena ditangannya lah, generasi muda bangsa ini di gembleng, dicetak untuk menjadi manusia yang akan membuat negeri ini menjadi lebih baik.

Seperti apa tulisan yang di unggah oleh pelatih Pusdiklatcab kediri tersebut, silahkan kakak baca di bawah ini

Pembina Pramuka itu "Ahli Bangunan"

Oleh Kak Ichksan
(Pelatih Pusdiklatcab Kwarcab Kabupaten Kediri Jatim)

Pembina pramuka itu seorang ahli bangunan, bertugas membuat bangunan yang sebaik-baiknya, bangunan rumah yang bernama bangsa Indonesia. Di antara bagian rumah itu, yang terpenting adalah tiang penyangga harus dari bahan bagus dan kuat. Sebagus apa pun bangunan, jika tiang penyangga bahannya jelek dan mudah keropos maka bangunan akan cepat goyah dan bahkan bisa roboh meskipun gempa yang menimpa kecil. Tiang penyangga bangunan rumah yang bernama bangsa Indonesia adalah generasi muda.

Sebagai seorang ahli, pembina pramuka berwawasan luas, pandai merancang acara latihan dan kegiatan, memilih dan menggunakan bahan dan alat yang tepat, dan melaksanakan kegiatan dengan menarik dan menantang sehingga tercapai tujuan yakni anak-anak dan pemuda yang berkarakater kebangsaan Indonesia, kuat dan sehat jasmani-rohani, cakap dan terampil, bersemangat, disiplin, bertanggung jawab masa depan diri dan masyarakat. Karakter inilah yang dinamakan “penyangga yang bagus dan kuat”.

Kalau “tiang penyangga” yakni generasi muda, memiliki karakter kebangsaan Indonesia yang kuat dan bangunan rumah yang bernama Indonesia itu berupa rumah berarsitektur modern, menarik, menyenangkan bagi penghuniya sehingga saling menghargai dan menghormati, sejuk dan damai, dan meskipun ada gempa menerpa, penghuninya tetap tenang dan damai karena bangunan rumah memiliki tiang penyangga yang kokoh dan kuat.

Bangsa Indonesia kuat jika generasi mudanya kuat karakter kebangsaan Indonesia nya.

Semoga apa yang kak Ichsan sampaikan tersebut, dapat kita teladani bersama, dan menjadikan para pembina Pramuka lebih semangat dan bersungguh sungguh dalam menjalankan tanggung jawabnya sebagai seorang pembina.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog sederhana kami, semoga Halo Pramuka dapat menjadi pathner kakak dalam mengasah katerampilan kepramukaan

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon