Monday, April 30, 2018

Selayang Pandang Desa Lebakharjo Malang Jawa Timur Sebagai Desa Pramuka

Kategori
Sejarah panjang perjuangan bangsa Indonesia melahirkan gerakan kepanduan nasional gerakan pendidikan kepanduan praja muda karana, yang kini dikenalluas masyarakat dengan Gerakan Pramuka membangun karakter ksatria yang patriotik hingga mampu mengantarkan pemuda Indonesia merebut kemerdekaan dan memandegani Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kini diusia 57 tahun, Gsrakan Pramuka tstap berdiri kokoh dan konsisten dsngan tujuannya yaitu membentuk karakter kaum muda yang mandiri, bertanggungjawab, berwawasan kebangsaan dan memiliki keterampilan atau kecakapan hidup,


Untuk menjalankan tugas tersebut, Gerakan Pramuka memiJiki tenaga pendidik yang terjun langsung sebagai ujung tombak pembinaan di gugusdepan yaitu Pembina Pramuka. Kemajuan dan keberhasilan Gerakan Pramuka mencapai tujuannya antara lain dilihat hasil pembinaan oleh Pembina Pramuka. Oleh karsna itu, mutu para Pembina Pramuka harus terus menerus ditingkatkan melalui berbagai wadah kegiatan. Salah satu upaya peningkatan mutu Pembina Pramuka adalah melalui pertemuan besar Pernbina Pramuka yaitu Karang Pamitran Nasional.

Karang Pamitran dlselenggarakan sebagai upaya menlngkatkan mutu Pembina Pramuka melalui kegiatan saling tukar menukar pengalaman membina di gugus depan masing-masing dari seluruh Indonesia. Dengan demikian persebaran pengalaman, saling tukar menukar pola dan rnetode membina antar daerah dapat memperkaya khasanah pembinaan anak-anak Indonesia yang ber-bhineka tunggal ika. Menjadikan anak-anak Indonesia masa depan yang mampu menerima keragaman baik suku, ras, budaya dan agama.

Karang Pamitran Nasional Tahun 2018 diselenggarakan di Desa Lebakharjo, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa ini dipilih karena merupakan desa yang sangat historis dan monumental bagi perkembangan kepramukaan di Indonesia bahkan dunia karena pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Perksmahan Wirakarya (PW) Asia Pasifik tahun 1978 dan World Community Development Camp (ComdecaJ tahun 1993. Seluruh kegiatan kepramukaan yang pernah dilakukan di Desa Lebakharjo telah berdampak sangat positif bagi kehidupan masyarakat setempat sampai desa ini dijuluki Desa Pramuka.

Cerita awal Kegiatan bakti di Desa Lebak Harjo tidak lepas dari apresiasi komunitas Pramuka Dunia terhadap keberhasilan Gerakan Pramuka membuat Kegiatan Pramuka yang dapat menunjang pembangungan dalam negeri, Sehingga pada Tahun 1971 Sri Sultan Hamengkubuwono IX pada World Scout Conference [Konferensi Kepramukaan Sedunia) di Tokyo memunculkan sebuah gagasan melalui pidatonya yang berjudul "Scout Action for Community Development". Pidato ini kemudian sering disebut sebagai "Renewed Scouting" atau "Renewing of Scouting". Kita bisa dengan bangga menyebut bahwa Desa Lebakharjo adalah satu situs bersejarah bagi perjalanan Kepramukaan Dunia.

Lebakharjo merupakan laboratorium yang tepat bagi para Pembina Pramuka seluruh Indonesia untuk bersahabat, berkreasi dan berbakti sehingga pada akhirnya nanti menguatkan komitmen mereka untuk mendidik, membanggakan dan membahagiakan Indonesia.

_____________
Kami membuat video lirik sebuah lagu yang akan membuat kakak mengenang kearifan lokal Desa lebakharjo Malang Jawa Timur
Silahkan di putar videonya kak,
Jika suka, mohon di Share ya.. biar admin juga ikut senang :)

-------------------
Artikel di atas bersumberkan dari isi Petunjuk Pelaksanaan Karang Pamitran Nasional (KPN) tahun 2018. Dan kebetulan Desa lebak harjo menjadi tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

Semoga apa yang Halo Pramuka sajikan ini bermanfaat, dan dapat menjadi bacaan yang tak pernah usang. Karena didalamnya banyak terkandung unsur pengetahuan dan sejarah mengenai asal usul Desa lebakharjo sebagai desa Pramuka.

Terimakasih, dan jika kakak suka dengan artikel ini, silahkan di bagikan ya kak.. :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon