PRAMUKA GARUDA (Pengertian, Tujuan, Syarat dan Lambang)

Menjadi Pramuka Garuda adalah impian setiap anggota Pramuka, baik itu anggota Siaga, Penggalang, penegak ataupun Pandega. Namun, apakah setiap anggota Pramuka bisa menjadi Pramuka Garuda?, Bisa!, tapi tanpa kemauan dan usaha yang keras, jelas itu suatu yang tidak mungkin.

Pasalnya, untuk dapat mengenakan tanda Pramuka Garuda, harus memenuhi syarat-syarat khusus yang telah dibuat dan ditetapkan oleh Kwartir Nasional melalui Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka garuda

Dan Admin yakin, bahwa syarat-syarat tersebut tidak mudah untuk bisa dipenuhi oleh setiap anggota Pramuka di Gugusdepan, mengingat jumlah persyaratannya yaang cukup banyak dan sulit. Bila kakak belum tahu persyaratan menjadi seorang Pramuka Garuda, Admin sarankan untuk membaca ini sekarang: Syarat dan Cara Menjadi Pramuka Garuda Untuk Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega


Baik kakak, sesuai judul yang telah dibuat, pada sesempatan ini Halo Pramuka akan berbagi tentang Pramuka Garuda, yang meliputi Pengertian Pramuka Garuda, Tujuan Pramuka Garuda, Syarat-Syarat Menjadi Pramuka Garuda dan yang terakhir adalah Lambang Pramuka Garuda.

Kita mulai dari yang pertama
1. Pengertian Pramuka Garuda
Sesuai dengan PP Nomor 108 tahun 1984, Pramuka Garuda adalah seorang Pramuka yang dapat menjadi teladan dan telah memenuhi persyaratan serta memiliki Tanda Pramuka Garuda.

Jadi, berdasarkan pengertian di atas, seorang Pramuka garuda harus bisa menjadi teladan yang baik bagi anggota Pramuka yang lain. Dan dia harus memiliki nilai lebih dibandingkan dengan teman-temannya.

Nilai lebih seperti apa?, nilai nilai dalam semua aspek, mulai dari wawasan, keteampilan dan pastinya segi sikap. Sehingga anggota Pramuka tersebut dapat menjadi contoh teladan bagi-teman-teman seangkatannya.

2. Tujuan Pramuka Garuda
Tujuan pemberian Tanda Pramuka Garuda adalah untuk merangsang dan mendorong para Pramuka agar senantiasa bersunguh-sungguh :
  • a. mengamalkan Satya dan Darma Pramuka.
  • b. melatih diri sehingga dapat menjadi teladan baik bagi angota Gerakan Pramuka maupun anak-anak dan pemuda lain.

3. Syarat-Syarat Menjadi Pramuka Garuda
Untuk menjadi Pramuka Garuda, Baik untuk golongan Siaga, Penggalang, Penegak maupun Pandega, seorang anggota Pramuka harus memenuhi syarat-syarat khusus yang telah di tetapkan dalam Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda. Syarat yang di buat memang cukup sulit dan merupakan tantangan tersendiri bagia siapa saja yang ingin mendapatkan lambang Pramuka Garuda.

Oleh karenanya, jumlah Pramuka garuda tidak sebanyak Pramuka Golongan Terap ataupun Bantara.
Apa saja Syarat untuk menjadi Pramuka Garuda?, silahkan kakak baca disini: Syarat dan Cara Menjadi Pramuka Garuda Untuk Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega

4. Lambang/ Tanda Pramuka Garuda
Tidak banyak yang tahu bentuk tanda Pramuka Garuda, kerena memang jarang sekali seorang anggota Pramuka dapat menempuh dan mendapatkan tanda tersebut.

Halo Pramuka yakin, bahwa masih banyak gugusdepan di Indonesia ini yang belum memiliki seorang Anggota Pramuka Garuda.

Bentuk tandanya seperti apa?
Berbentuk segi 5, dengan warna dasar yang disesuaikan dengan golonagnnya. Untuk Siaga, berwarna dasar hijau, merah untuk Penggalang, warna kuning untuk golongan penegak dan pandega berwarna dasar cokelat. Ditengah-tengah ada gambar burung garuda yang mengepakkan sayap seolah-olah ingin terbang

Jika belum belum jelas kakak dapat membaca pada halaman ini: Lambang/ Tanda Pramuka Garuda dan Maknanya

Oke kakak, demikian pembahasan kami tentang Pengertian, Tujuan Syarat dan Lambang Pramuka   Garudam semoga apa yang Halo Pramuka berikan ini dapat memotivasi kakak untuk menempuh dan mendapatkan tanda Pramuka Garuda.
PRAMUKA GARUDA (Pengertian, Tujuan, Syarat dan Lambang)