Indonesia Harus Jaya Selamaya


Indonesia harus jaya selamanya agar suatu saat ada kebahagiaan bangsa dengan penuh manusiawi yang sentosa. Jika tidak jaya, itu salah satu penyebabnya adalah pendidikan kepramukaan yang tidak berjalan sepenuh hati. Bisa jadi, pengelola pramuka hanya pasang papan nama Gerakan Pramuka tetapi isinya hanyalah kekosongan latihan atau kegaduhan semata pun hanya perbuatan yang bukan melambangkan kepramukaan. Bisa pula, pendidikan kepramukaan keluar dari rel sehingga menciptakan generasi yang rapuh keindonesiaannya.

Bukan. Bukan penyimpangan yang harus dilakukan melainkan tindakan nyata yang harus membuat generasi muda cinta dan bangga kepada bangsa dan negara Indonesia. Pada Prinsip Dasar Kepramukaan disebutkan bahwa kita harus peduli pada Tuhan YME, *bangsa dan negara*, sesama, dan lingkungan hidup. Di Trisatya disebut bahwa Aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan YME, *negara kesatuan Republik Indonesia...* Lalu di Dasadarma disebut *patriot* yang sopan dan ksatria. Itu semua berarti seorang pramuka, pembina, pelatih, pengurusnya harus menghantarkan Indonesia menjadi negara yang abadi.

baca juga Wahai Para Pembina Pramuka, Tetaplah Membina!

Untuk itu, (1) setiap berlatih pramuka adakan upacara pembukaan latihan dengan mengibarkan bendera merah putih, (2) dalam setiap kesempatan lagukan Indonesia Raya dan lagu nasional lainnya, (3) ceritakan kehebatan para pahlawan nasional dalam membela Indonesia merdeka, (4) Pancasila dan lambang negara menjadi kekuatan pikiran peserta didik dalam memajukan Indonesia, (5) tanamkan kebanggaan menggunakan bahasa Indonesia, (6) ilhami jiwa patriot melalui berbagai kegiatan, dan lainnya.

Jadilah pembina sejati yang yakin akan tugasnya. Tugas itu adalah membangun jiwa dan badan anak Indonesia sehingga kelak tetap mengibarkan merah putih sebagai tanda Indonesia tetap ada. Jangan goyah dengan provokasi dan agitasi. Yakinlah dengan hati.

#pusdiklatnas (Kak Yatno)
(Prof. Dr. Suyatno, M.Pd)
Ketua Pusdiklatnas Gerakan pramuka

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon