Visi Misi Gerakan Pramuka Terbaru - Berlaku Tahun 2014-2018 dan 2019

Selamat malam kakak, kesempatak kali ini, Admin ingin berbagi kepada kakak semua tentang visi misi Gerakan Pramuka. Dan seperti yang telah kakak baca Judul, bahwa Visi Misi ini berlaku hingga tahun 2019 mendatang. Jadi jika kakak membaca artikel ini sebelum tahun 2019, berati visi dan misi ini masih berlaku.

Setelah tahun 2019 nanti, Kwarnas akan mengeluarkan Visi dan Misi Geakan Pramuka selanjutnya. Hal tersebut dimaksudkan untuk tetap update dan menyesuaikan dengan perkembangan yang ada. Sehingga Gerakan Pramuka Indonesia tidak akan terkikis dan tertinggal oleh perubahan jaman.

Baik kakak, Berikut ini VISI dan MISI, STRATEGI DASAR GERAKAN PRAMUKA 2014-2019 Berdasarkan Kep. Munas Gerakan Pramuka Nomor: 10/Munas/2013

Visi
Tantangan utama yang dihadapi oleh Gerakan Pramuka sebagai organisasi pendidikan nonformal yang turut berperan dalam pendidikan kaum muda Indonesia adalah bagaimana menempatkan organisasi dan kegiatan kepramukaan sebagai kegiatan yang menarik dalam kehidupan kaum muda.

Melalui kegiatan Gerakan Pramuka diharapkan karakter dan kepribadian kaum muda dapat dibina dan dikembangkan guna turutserta dalam pembangunan nasional, dalam hal ini Gerakan Pramuka menjadi wadah pembentukan karakter dan kepribadian kaum muda. Berdasarkan hal tersebut, ditetapkan Visi Gerakan Pramuka Tahun 2014–2019

Visi Gerakan Pramuka
”GERAKAN PRAMUKA MENJADI PILIHAN UTAMA BAGI PEMBENTUKAN KARAKTER KAUM MUDA”

Misi
Gerakan Pramuka berkewajiban untuk memberikan peran dan kontribusinya kepada pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. Berdasarkan hal tersebut, ditetapkan

Misi Gerakan Pramuka:
A. MEWUJUDKAN GERAKAN PRAMUKA YANG MANDIRI DAN BERMUTU.
B. MEMANTAPKAN SISTEM PENDIDIKAN GERAKAN PRAMUKA YANG MENANAMKAN NILAI-NILAI KEPRAMUKAAN BAGI KAUM MUDA.

Kakak juga harus tahu Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga Gerakan Pramuka yang terbaru, silahkan baca disini: AD ART GERAKAN PRAMUKA

STRATEGI DASAR GERAKAN PRAMUKA
Dengan memperhatikan analisis SWOT dan mempertimbangkan pencapaian Renstra Gerakan Pramuka tahun 2009-2014, ditetapkan 7 (tujuh) strategi dasar pengembangan Gerakan Pramuka untuk jangka waktu 2014-2019, yaitu:
  1. Pemberdayaan gugus depan berbasis satuan pendidikan dan satuan karya pramuka.
  2. Penerapan sistem pembinaan anggota dewasa secara konsisten dan konsekuen.
  3. Implementasi yang konsisten dan konsekuen dari peraturan perundang-undangan dan peraturan penyelenggaraan organisasi.
  4. Peningkatan manajemen sumber daya.
  5. Peningkatan usaha dana dan pengelolaannya.
  6. Peningkatan citra Gerakan Pramuka melalui kehumasan dan pengabdian masyarakat.
  7. Memperkuat posisi Gerakan Pramuka dalam organisasi kepramukaan dunia.

Tujuh strategi dasar di atas adalah pilar utama untuk mencapai Visi dan Misi Gerakan Pramuka yang telah ditetapkan.

Oke kaka, demikina informasi mengenai Visi Misi dan Strategi Dasar Ferakan Pramuka. Semoga bermanfaat untuk kakak-kakak semua. Silahkan di share ya kak, agar anggota Pramuka yang lain juga mengetahui informasi ini.

Terimakasih sudah berkunjung di Halo Pramuka, dan selamat mencari artikel menarik lainnya di blog ini :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon