Thursday, January 18, 2018

Sosok Pelatih Hebat yang Sesungguhnya, Seperti Apakah Mereka?

Kategori
Oleh : Kak Yatno - (Prof. Dr. Suyatno, M.Pd) - Ketua Pusdiklatnas Gerakan pramuka

Pelatih hebat bukan sebuah konotasi, simbol, atau judul film yang susah dibumikan di akal sehat. Bukan. Pelatih hebat bukan buatan malaikat yang susah ditiru manusia. Sekali lagi, bukan itu. Pelatih hebat itu kasat mata sekasat kita melihat kupu-kupu menghirup sari bunga sambil berdetak sayapnya naik turun. Pelatih hebat itu di kasat mata dan bukan di balik kelopak mata.

Lalu, siapakah pelatih hebat itu?
Ya jawabnya dia yang disebut pelatih karena formalitas, legalitas, kualitas, dan debut keseharian. Dia mampu memberikan keseimbangan antara bentuk, model, fungsi, makna, dan dampak dari sebuah label bernama pelatih. Dunianya adalah dunia mengolah dari belum ke menjadi. Dia pemberi jalan lempang bagi orang lain. Dialah bintang yang menunjukkan arah di malam hari. Dia tampil sederhana seperti kesederhanaan peserta kursus atau orang lain yang difasilitasinya. Dia tenang. Dia selalu sederhana.

Pelatih hebat itu tidak tampak tetapi kelihatan daya ungkitnya bagi pikiran, hati, dan tindakan orang yang dilatihnya. Dia tidak bersenjata tunggal tetapi bersenjata jamak untuk kepentingan pendidikan yang jamak pula. Dalam dirinya sudah tidak ada teori tetapi inspirasi bagi orang lain untuk menggunakan teori tertentu. Teori baginya masa silam di hulu belajarnya. Yang ada adalah dirinya yang sederhana seperti rakyat biasa.

Pelatih hebat biasanya tidak mau disebut hebat karena pada dasarnya yg hebat itu peserta didiknya yang dapat dengan lugas menangkap isi tanpa hambatan. Pelatih hebat bukan apa-apa tetapi pemberi asupan bagi siapapun tanpa pamrih pujian. Pelatih hebat itu orang biasa.

Pelatih pusdiklatnas bukan orang hebat tetapi sosok yang mampu membuat orang lain hebat. Modalnya bukan pujian tetapi kehendak ikhlas menjalani kewajiban berbagi kepada orang lain. Selamat bersiap-siap menjadi pelatih hebat.

Silahkan baca juga  Apa Maksud Revitalisasi Gerakan Pramuka Itu? Baca Agar Kakak Tahu!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon