Tuesday, January 23, 2018

Pengertian Saka Pariwisata - Penjelasan Lengkap

Kategori
Apa sih Saka Pariwisata itu? Apa Tujuan dari Saka Pariwisata? Siapa saja anggota Saka Pariwisata? Pertanyaan-pertanyaan tersebut banyak di lontarkan oleh sebagian dari kakak-kakak yang ingin bergabung atau di ajak bergabung ke Satuan Karya Pramuka, khususunya Saka Pariwisata.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, silahkan baca artikel yang kami kutip dari PP Saka Pariwisata. Berikut penjelasan lengkapnya:


a. Wisata adalah kegiatan perjalanan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara.

b. Pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan oleh masyarakat, pengusaha, Pemerintah, dan pemerintah daerah.

c. Gugus depan adalah satuan pendidikan dan satuan organisasi terdepan penyelenggara pendidikan kepramukaan.

d. Satuan Karya Pramuka yang selanjutnya disingkat Saka adalah organisasi pendukung Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan. Saka juga memotivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan nyata dan produktif sehingga dapat memberi bekal bagi kehidupannya dalam melaksanakan pengabdiannya kepada masyarakat, bangsa, dan negara sesuai dengan aspirasi pemuda Indonesia dan tuntutan perkembangan pembangunan serta peningkatan ketahanan nasional.

Baca dan juga download AD ART Pramuka Terbaru
Disini: AD ART GERAKAN PRAMUKA

e. Satuan Karya Pramuka Pariwisata yang selanjutnya disingkat Saka Pariwisata adalah wadah pendidikan dan pembinaan di bidang pariwisata bagi anggota Gerakan Pramuka untuk membantu, membina, dan mengembangkan kegiatan pariwisata.

f. Anggota Saka Pariwisata adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega putra dan putri yang menjadi anggota gugus depan di wilayah ranting atau cabangnya yang mengembangkan bakat, minat, kemampuan, pengalaman, keterampilan, ilmu pengetahuan, dan teknologi di bidang pariwisata.

g. Pamong Saka Pariwisata adalah pembina pramuka terutama Pembina Pramuka Penegak/Pandega atau anggota dewasa lainnya yang berkualifikasi pembina mahir yang memiliki minat dalam bidang pariwisata dan bertanggung jawab atas pembinaan dan pengembangan Saka Pariwisata.

h. Instruktur Saka Pariwisata adalah anggota Gerakan Pramuka atau seseorang yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan, keterampilan, dan keahlian di bidang pariwisata untuk membantu Pamong Saka Pariwisata dalam upaya meningkatkan kemampuan dan keterampilan anggota Saka Pariwisata.

i. Pimpinan Saka Pariwisata adalah badan kelengkapan kwartir yang bertugas memberi bimbingan organisatoris dan teknis kepada Saka Pariwisata serta memberikan bantuan fasilitas dan dukungan lainnya.

j. Majelis Pembimbing Saka Pariwisata adalah suatu badan yang terdiri atas pejabat instansi pemerintah, tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan di bidang pariwisata yang memberi dukungan dan bantuan moral, materiil, finansial untuk pendidikan dan pembinaan Saka Pariwisata.

k. Dewan Saka Pariwisata adalah badan yang dibentuk oleh anggota Saka Pariwisata, beranggotakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang bertugas merencanakan dan memimpin pelaksanaan kegiatan Saka Pariwisata sehari-hari di satuannya.

l. Musyawarah Saka Pariwisata adalah suatu forum pertemuan para anggota Saka Pariwisata, guna membahas segala sesuatu yang berkaitan dengan perkembangan Saka Pariwisata dalam periode tertentu.

m. Krida adalah satuan terkecil dari saka sebagai wadah kegiatan keterampilan, pengetahuan dan teknologi tertentu.

n. Sanggar Saka Pariwisata adalah tempat yang digunakan oleh anggota Saka Pariwisata untuk mengadakan kegiatan dan atau pertemuan Saka Pariwisata

Oke kakak, di atas adalah penjeelasan dan pengertian Saka Pariwisata sesuai dengan PP Nomor: 078 Tahun 2014. Semoga atikel di atas bermanfaat. Agar kakak-kakak yang lain juga tertarik untuk bergabung ke Saka Pariwisata, silahkan share artikel ini ya kakak :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon