Apa Maksud Revitalisasi Gerakan Pramuka Itu? Baca Agar Kakak Tahu!

Beberapa tahun silam kita banyak mendengar kata "Revitalisasi" dalam Gerakan Pramuka. Tapi sebagian dari kita tidak memahami makna yang sesungguhnya dari kalimat tersebut.

Sebelum kita membahas tentang revitalisasi Gerakan Pramuka. Kita ketahui dulu pengertian Revitalisasi itu sendiri

Revitalisasi adalah suatu proses atau cara dan perbuatan untuk menghidupkan kembali suatu hal yang sebelumnya terberdaya sehingga revitalisasi berarti menjadikan sesuatu atau perbuatan untuk menjadi vital, sedangkan kata vital mempunyai arti sangat penting atau sangat diperlukan sekali untuk kehidupan dan sebagainya.(wikipedia)

Pengertian revitalisasi
Pengertian dari revitalisasi bisa berarti proses, cara dan atau perbuatan untuk menghidupkan atau menggiatkan kembali berbagai program kegiatan apapun. Sehingga secara umum pengertian dari revitalisasi merupakan usaha-usaha untuk menjadikan sesuatu itu menjadi penting dan perlu sekali.

Beragam kata revitalisasi sering dipergunakan untuk melakukan satu tujuan misalkan revitalisasi pendidikan, revitalisasi sebuah kawasan, Revitalisasi Kearifan lokal dan beragam revitalisasi lainnya seiring dengan perkembangan zaman.(wikipedia)


Revitalisasi Gerakan Pramuka

Nah dari pengertian di atas, sedikit banyak kita dapat memahami apa makna Revitalisasi itu. Jadi, secara sederhana jika Admin simpulkan. Revitalisasi Gerakan Pramuka adalah Upaya menjadikan Gerakan Pramuka menjadi sesuatu yang sangat penting.

Tujuh langkah strategis revitalisasi gerakan pramuka
  • G alang dan perkuat organisasi, manajemen, dan kepemimpinan kwartir. 
  • E rat dan rapatkan barisan anggota gerakan pramuka. 
  • R ancang dan bangun gugusdepan lengkap berbasis sekolah dan wilayah. 
  • A ktifkan dan mantapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan. 
  • K edepankan program pesertadidik yang meningkatkan semangat bela negara, patriot pembangunan, dan perekat bangsa. 
  • Aktualisasikan dan kokohkan kemitraan untuk mendukung sumberdaya dari semua komponen bangsa. 
  • N iat dan amalkan satya dan darma pramuka dalam kehidupan sehari-hari. 
Dan di bawah ini adalah Ajakan Presiden RI Dalam Rangka Revitalisasi Gerakan Pramuka, yang terangkum dalam 7 poin penting
  • Perkuat gerakan pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa. 
  • Raih keberhasilan melalui kerja keras, cerdas, dan ikhlas. 
  • Ajak kaum muda meningkatkan semangat bela negara. 
  • Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan. 
  • Utamakan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya. 
  • Kokohkan persatuan dan kesatuan negara republik indonesia. 
  • Amalkan satya dan darma pramuka.

Kutipan Sambutan Presiden RI Pada Upacara Peringatan Hari Pramuka ke 45
1. Perkuat Gerakan Pramuka sebagai wadah pembentukan karakter bangsa. Bagi generasi muda pembentukan karakter bangsa amat penting dan menentukan nasib bangsa di masa depan. Hanya bangsa yang memiliki mental kepribadian yang kuat, bersemangat, ulet, pantang menyerah, disiplin, inovatif dan bekerja keraslah yang dapat mendorong kemajuan dan keberhasilan.

2. Raih keberhasilan melalui kerja keras, cerdas, dan ikhlas. Hari ini dan masa depan memerlukan kerja keras dan kerja cerdas dari seluruh komponen bangsa.  Gerakan Pramuka hendaknya menjadi pelopor membudayakan diri, senang bekerja keras secara cerdas dan ikhlas, bangun nilai, sikap dan perilaku ini sejak dini melalui beragam kegiatan Gerakan Pramuka.

3. Ajak kaum muda meningkatkan semangat bela negara. Utamakan program dan kegiatan untuk meningkatkan semangat patriotism dalam membela kepentingan bangsanya. Gerakan Pramuka pada khususnya dan generasi muda bangsa pada umumnya harus mencintai dan bangga terhadap bangsa, negara dan tanah airnya sendiri.

4. Mantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan. Tantangan negeri kita pasca krisis adalah bagaimana membangun kembali negeri ini.  Kaum muda haruslah menjadi agen dan pelopor perubahan, negeri ini akan menjadi maju dan sejahtera apabila pembangunan dapat terlaksana dengan baik.  Kenalkan dan libatkan kaum muda dalam kegiatan yang mengarah dan menjadi bagian dalam pembangunan nasional melalui karya-karya yang nyata.

5. Utamakan kepentingan bangsa dan negara diatas segalanya. Pendidikan dan pelatihan kepramukaan harus melahirkan generasi muda bangsa yang memiliki wawasan kebangsaan yang kuat.  Didiklah kaum muda sedini mungkin untuk tidak membeda-bedakan indentitas, seperti agama, etnis, suku kedaerahan dengan tujuan yang negatif.  Watak nasionalisme akan tercermin dalam perilaku yang senantiasa lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dibandingkan kepentingan diri dan golongan.

6. Kokohkan persatuan dan kesatuan Negara Republik Indonesia. Galang terus persaudaraan dan persahabatan di antara sesama anggota Gerakan Pramuka, sebagai bekal memupuk jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan. Kembangkan berbagai metodologi dan kegiatan yang dapat membangun harmoni, kerukunan dan kesetiakawanan, bahkan kasih sayang diantara sesama kaum muda.

7. Amalkan Satya dan Darma Pramuka. Inti Satya dan Darma bagi Gerakan Pramuka adalah semangat, tekad, kode etik, termasuk pesan-pesan moral dan spiritual.  Tekad, semangat, kode etik serta pesan-pesan itu bukan harus hanya dijunjung tinggi melainkan yang lebih penting dilaksanakan dan diamalkan.  Melalui pengamalan Satya dan Darma Pramuka, saya berharap Gerakan Pramuka menjadi wadah yang ideal dan efektif dalam menanamkan nilai-nilai moral dan spiritual bagi generasi muda.

Oke kakak, sekian dulu sajikan dari Halopramuka tentang arti Revitalisasi Gerakan Pramuka. Silahkan share ya, supaya anggota uang lain juga tahu :) terimakasih telah berkunjung di blog kami.
Apa Maksud Revitalisasi Gerakan Pramuka Itu? Baca Agar Kakak Tahu!