Materi SKU Pramuka Siaga Terbaru Tentang Pengembangan Fisik

Sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa kita harus menjaga kesehatan, memelihara anggota tubuh dan organ tubuh, merawat dan mencintai diri (tubuh).

1) Secara awam tubuh manusia terlihat tumbuh sesuai dengan pertumbuhannya, namun tidak berarti bahwa kita tidak perlu merencanakan dan memperhatikan pertumbuhannya. Menjaga kesehatan tubuh merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan oleh siapapun agar tubuh mejadi sehat dan bugar. Cara yang sederhana adalah melakukan olah raga sesuai dengan porsi yang telah ditentukan yaitu minimal tiga kali dalam satu minggu. Setidaknya Siaga mengetahui gerakan dasar olah raga seperti jalan, lari, loncat, lompat, jingkat dan jongkok. Gerakan-gerakan olah raga seperti senam harus dilakukan dengan benar agar tidak cedera. Setiap Siaga hendaknya dapat melakukan Senam Pramuka atau Senam Kesegaran Jasmani.


2) Anggota tubuh manusia antara lain: kaki, tangan, mata, telinga, hidung. Masing masing anggota tubuh memiliki fungsi yang berbeda namun kadang-kadang dapat bekerjasama untuk melakukan fungsi yang sama. Kaki mempunyai fungsi antara lain untuk menopang tubuh, berjalan, berlari, menendang.

Tangan mempunyai fungsi antara lain untuk mengangkat, mendorong, menarik. Fungsi-fungsi positif anggota tubuh lainnya dapat diamati dalam kehidupan sehari-hari sebagai acuan baik untuk menambah pengetahuan Pembina maupun Pramuka Siaga.

Latihan-latihan keseimbangan cukup baik jika dapat dilakukan secara rutin misalnya melempar dan menangkap bola dengan menggunakan tangan kiri dan kanan secara bergantian

Baca dan juga Download SKU Siaga terbaru
Disini:SKU Pramuka Siaga Terbaru dan Download Pdf

3) Pada tubuh manusia terdapat organ utama yaitu jantung, paru-paru, hati, pencernaan, dan ginjal. Organ tubuh tersebut semuanya ada di bagian dalam tubuh dan memiliki peran penting untuk kehidupan, karena itu harus dijaga dan dipelihara dengan baik.

Jantung : ukuran jantung kurang lebih sama dengan kepalan tangan masing-masing. Letak jantung ditengah rongga dada dan posisinya sedikit condong ke kiri. Fungsi jantung adalah memompa darah keseuruh tubuh. Jantung memiliki dua sisi yang dipisahkan oleh dinding otot. Sisi jantung sebelah kanan ukurannya lebih kecil dan lebih lemah dan tugasnya memompa darah ke paru-paru. Sisi jantung sebelah kiri lebih kuat memompa darah menuju kearah seluruh tubuh. Jika kita mendengarkan denyut jantung hal itu adalah gerakan menekan yang dilakukan otot jantung secara teratur untuk memompa darah keseluruh tubuh.

Paru-paru adalah sepasang organ berbentuk kantong empuk seperti spon letaknya di dalam rongga dada. Ketika menarik napas udara akan masuk melalui hidung atau mulut, lalu masuk kesaluran pernapasan dan masuk ke ribuan cabang saluran pernapasan yang terdapat dalam paru-paru.

Dua cabang saluran pernapasan terbesar disebut bronki. Keduanya memiliki percabangan saluran pernapasan yang lebih kecil dan disebut bronkilus. Seluruh permukaan saluran pernapasan dilindungi oleh lapisan tipis lendir kental yang menebal untuk melindungi paru paru saat sedang menderita selesma.

Fungsi paru-paru adalah memompa udara yang masuk melalui mulut dan hidung agar manusia dapat bernafas.

Hati adalah organ paling besar dalam tubuh yang merupakan pusat pengolahan kimiawi pada tubuh.

Fungsi hati adalah:
  • menangani nutrisi zat hasil pencernaan makanan yang dimakan, serta mendistribusikannya ke sel-sel tubuh yang membutuhkan. 
  • Mengubah karbohidrat menjadi glukosa. 
  • Mempertahankan kadar gula di dalam darah 
  • Menyimpan semua kelebihan energi dari makanan sebagai lemak di seluruh tubuh. 
  • Mengurai protein serta menyimpan vitamin serta mineral. 
  • Membersihkan darah dari se-sel darah merah yang rusak dan zat-zat racun.
Ginjal adalah sepasang organ berbentuk seperti kacang merah di rongga perut bagian belakang.

Ginjal memiliki peran penting karena semua darah yang berada dalam tubuh semua mengalir melewati ginjal setiap 10 menit sekali, artinya darah disaring 150 kali sehari.

Fungsi ginjal adalah:
  • pengatur air dan pencuci darah. 
  • pemisah air dan bahan-bahan penting lain dari darah. 
  • mendaur ulang bahan-bahan yang masih dapat digunakan dalam darah
Pencernaan.
Pencernaan adalah proses pengolahan makanan yang kita makan menjadi zat yang lebih sederhana serta dapat diserap dan digunakan tubuh.

Fungsi pencernaan adalah mengolah makanan yang masuk ke dalam tubuh untuk diserap bagian–bagian tubuh yang memerlukan.

4) Fisik yang sehat juga ditentukan oleh cara dan pola hidupnya yang sehat. Hal tersebut dimulai dengan melakukan kebiasaan bersih dan rapih di lingkungan rumahnya secara sadar dan disiplin. Sebagai contoh adalah kegiatan di pagi hari.

Pada waktu Siaga bangun tidur hendaknya langsung membersihkan tempat tidur, melipat selimut, merapihkan peralatan tidur dan menyapu serta merapihkannya. Kegiatan semacam ini pada awalnya memang terasa berat, namun jika dilakukan terus menerus dengan rasa iklas akan terasa ringan dan menjadi kebiasaan. Setiap hari kita keluar rumah untuk belajar, bermain, berolah raga bersama teman dan orang lain, yang berdampak bahwa tubuh menjadi kotor, berkeringat dan berdebu bahkan mungkin tertempel bakteri penyakit. Alangkah tidak nyamannya jika kita tidak membersihkannya/mandi.

Setiap hari sebaiknya mandi sebanyak dua kali, pagi dan sore hari. Mandi bukan sekedar menyiram tubuh dengan air (gebyar gebyur) saja, tapi harus digosok memakai sabun dengan spon, agar kotoran atau daki di tubuh luntur dan badan jadi bersih. Jangan dilupakan pada saat mandi harus menggosok gigi. Mencuci rambut dua kali seminggu pun harus dilakukan agar rambut tetap bersih dan sehat. Selesai mandi tubuh dikeringkan dengan handuk yang kering dan bersih. Biasakan mengenakan pakaian yang bersih, kalau mungkin pakaian sudah diseterika. Biasakan bercermin untuk memastikan apakah sudah rapih dan pantas yang dikenakan.

5) Hal penting yang mendukung pengembangan fisik yaitu makan makanan yang bergizi secara berimbang dan minum air yang cukup.

Makanan yang bernilai gizi adalah makanan yang ada pengaruhnya untuk menyehatkan dan meningkatkan pertumbuhan badan. Oleh karena itu janganlah makan hanya sekedar untuk kenyang.

Pemerintah melalui Depkes telah memberikan pedoman yang disebut empat sehat lima sempurna. Empat macam makanan yang sehat tersebut adalah:
  • Beras, kentang dan segala umbi-umbian mengandung banyak karbohidrat sebagai bahan makanan. 
  • Kacang-kacangan, telur, ikan, ayam dan daging mengandung protein untuk pertumbuhan dan perbaikan tubuh. 
  • Sayur-sayuran mengandung vitamin dan mineral untuk memelihara fungsi tubuh dan membangun daya tahan. 
  • Buah-buahan mengandung vitamin C.
Selain itu ditambah dengan susu. Dengan makanan tersebut ditambah minum susu, maka jadilah Empat sehat lima sempurna.

Sumber : Buku Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Siaga

Untuk download Buku Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Siaga berformat Pdf, kakak bisa melakukannya melalui halaman ini:
Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Siaga Terbaru - Lengkap (Download Pdf)

Notes :
  • Hingga artikel ini dibuat, Materi SKU Pramuka Siaga tentang Pengembangan Fisik ini merupakan materi terbaru berdasarkan SK Kwarnas nomor: 199 tahun 2011. 
  • Jika dikemudian hari Kwarnas mengeluarkan Buku Panduan Penyelesaian SKU Siaga versi terbarunya. Halo Pramuka akan menginformasikannya dan meng update nya dalam halaman ini. 

Demikian artikel yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat
Materi SKU Pramuka Siaga Terbaru Tentang Pengembangan Fisik