Materi SKU Pramuka Siaga Terbaru - Pengembangan Spiritual

Pengembangan spiritual pada Pramuka Siaga merupakan salah satu aplikasi Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan yang membantu memperdalam dan memperkuat keimanan, ketaqwaan dan mensyukuri kebesaran Tuhan Yang Maha Esa dengan melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi laranganNya.

1) Negara Kesatuan Republik Indonesia menjamin kebebasan kepada setiap warga negaranya termasuk Siaga untuk memeluk agama yang dipilihnya. Setiap agama memiliki Kitab Suci masing-masing sebagai pegangan hidupnya. Kitab suci agama Islam adalah Al Qur an, kitab suci agama Katolik dan agama Kristen adalah Injil, kitab suci agama Budha adalah Weda dan kitab suci agama Hindu adalah Tripitaka.
Materi SKU Spiritual yang terkait dengan kitab suci mengacu pada kitab suci masing-masing agama, tidak diurai dalam panduan ini.

2) Sebagai mahkluk Tuhan, Siaga harus mengakui kebesaran ciptaanNya yang tidak ada duanya. Pagi hari pada saat matahari terbit, akan terlihat betapa indahnya pemandangan langit diufuk timur. Sebagian bola merah dengan semburat sinarnya muncul perlahan-lahan, makin lama semakin kelihatan bentuknya yang bulat. Sangat menakjubkan. Demikian juga pada saat matahari terbenam sangat indah dan memukau. Pemandangan ini terlihat akan lebih jelas dan akan dapat menegakkan bulu roma jika kita sedang berada di pantai atau di balik gunung.
Baca dan juga Download SKU Siaga terbaru
Disini :SKU Pramuka Siaga Terbaru dan Download Pdf

3) Mensyukuri nikmat yang diberikan oleh Tuhan, merupakan salah satu ajaran agama. Semakin kita mensyukuri nikmat yang ada semakin terasa betapa maha pemurah dan maha kayanya Tuhan. Pemandangan alam saat Siaga sedang wisata diperkebunan teh dan meninjau pabriknya. Apa yang dapat dirasakan Siaga saat itu? Pemandangan gunung indah dengan hamparan kebun teh, sejauh-jauh mata memandang hamparan hijau yang memukau. Udara segar bertiup dengan lembutnya yang membuat badan terasa sehat dan segar, sungguh menyenangkan dan nikmat rahmat Tuhan. Kita wajib mensyukuri nikmat yang tak terkira yang diberikan oleh Yang Maha Pemurah dan Maha Kaya.

Setiap manusia wajib menjaga dan memelihara kekayaan alam yang ada tanpa ada keinginan untuk mengeksploitasi dengan semena-mena.

4) Kekuasaan Tuhan sungguh tak ada batasnya. Jika Tuhan menghendaki semua akan terjadi tak ada seorang manusia yang dapat menolaknya. Bencana alam, gempa bumi dan lain-lain adalah bukti kekuasanNya, (tsunami di Aceh tahun 2004, banjir lumpur di Jawa Timur tahun 2006 dan gempa bumi di Sumatera Barat 2010). Atas bencana tersebut Siaga ternyata tak tinggal diam, bahu membahu memberikan bantuan sebagai tanda ikut prihatin dan kepedulian atas bencana. Apa yang dapat disampaikan kepada Siaga adalah bahwa kita tidak hanya mensyukuri dan menikmati kebesaran Tuhan tapi juga harus peduli dan prihatin atas petaka yang menimpa orang lain.

5) Sebagai anggota keluarga, Siaga hendaknya mencintai ayah, ibu dan saudara-saudaranya. Mentaati ayah bundanya dan berusaha menjadi anak kebanggaan keluarganya.

6) Dalam satu perindukan kadang-kadang terdapat Siaga pemeluk agama yang berbeda, para Siaga harus menghargai dan menghormati serta saling toleransi terhadap pemeluk agama yang berbeda. Misalnya mengucapkan selamat pada saat hari besar agamanya. Pada saat kegiatan bersama jika ada yang melakukan ibadah sesuai agamanya, yang lain harus tenang tidak berisik atau gaduh sehingga tidak mengganggu yang melakukan ibadah.

Sumber : Buku Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Siaga

Untuk download Buku Panduan Penyelesaian Syarat Kecakapan Umum (SKU) Siaga berformat Pdf, kakak bisa melakukannya melalui halaman ini: Panduan Penyelesaian SKU Pramuka Siaga Terbaru - Lengkap (Download Pdf)

Notes :
  • Hingga artikel ini dibuat, Materi SKU Pramuka Siaga tentang Pengembangan Spiritual ini merupakan materi terbaru berdasarkan SK Kwarnas nomor: 199 tahun 2011. 
  • Jika dikemudian hari Kwarnas mengeluarkan Buku Panduan Penyelesaian SKU Siaga versi terbarunya. Halo Pramuka akan nenginformasikannya dan meng update nya dalam halaman ini. 

Demikian artikel yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon