Kwartir Adalah? Apa Makna/ Arti Kwartir?

Kwartir itu Ya Asosiasi


Mengapa pengelolaan kepramukaan bersifat kolektif kolegial? Itu terjadi karena sifatnya yang asosiasi. Sehingga, nama yang disandang adalah kwartir bukan kantor, dinas, persatuan, ikatan, dan lainnya. Kwartir bermakna markas, tempat untuk semua yang kolektif dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan, tempat berkumpulnya para peserta didik dan orang dewasa.

Jadi, kwartir itu ya bersifat asosiasi. Lalu, mengapa ada yang ingin membentuk asosiasi baru? Pembentukan asosiasi itu berarti mengingkari hakikat kwartir dan mengaburkan makna kwartir.


Baca juga:
Salam Pramuka Khas Daerah Jawa Timur, Kakak Perlu Tahu Ini!

Pada mulanya, sebuah kegiatan di gugus depan berjalan dengan baik. Lalu, orang lain tertarik dengan gugus depan itu, sehingga mendirikan sendiri. Orang lainnya lagi mendirikan sampai berjumlah 5 atau lebih. Mereka punya sepakat membentuk kwartir untuk komunikasi dan kebersamaan tekad. Kwartir tersebut lama- lama menjadi banyak maka mereka membentuk kwartir di atasnya. Begitulah seterusnya. Jadi, kwartir itu bermakan kumpulan sehingga disebut kolektif kolegial.

Pembina dan pelatih yang pastilah paham akan hakikat kwartir sehingga dia tidak akan tergoda membentuk asosiasi. Mereka paham jika membentuk asosiasi sama dengan mengaburkan makna kolektif kolegial yang disandang kwartir. Pembina dan pelatih itu bekerja di dunia pebdidikan dan bermain bersama peserta didiknya.

Jika orang-orang ingin membentuk asosiasi baru, itu berarti akan membentuk kwartir baru yang menyamai gerakan pramuka. Itu jelas akan menyimpang dari UU GP kita. Jika memang ingin ngebet punya asosiasi, ya tanggalkan istilah pramuka.

Ayolah energi kita gunakan saja untuk memperbaiki kwartir. Jangan terbuang untuk yang berbau penyimpangan. Pembina dan pelatih pembina pastilah paham akan energi pengabdian itu.

#pusdiklatnas (Kak Yatno)
(Prof. Dr. Suyatno, M.Pd)
Ketua Pusdiklatnas Gerakan pramuka
Kwartir Adalah? Apa Makna/ Arti Kwartir?